Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) secara bertahap terus meningkatkan sarana dan prasarana di kawasan objek wisata. Pasalnya, fasilitas merupakan bagian penting untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.
Salah satu objek wisata yang fasilitasnya kini sudah ditingkatkan adalah Pulau Kakaban dengan keindahan danau dan ubur-ubur tidak menyengat.




Selain membangun pintu gerbang sebagai penanda objek wisata, Disbudpar juga telah melakukan pembenahan pada sarana jalur jogging trex dari dermaga menuju danau. Kini jalur trex berkontruksi kayu telah dibenahi dan jauh lebih nyaman untuk dilintasi pengunjung. Bahkan pada titik tertentu sudah tersedia kanopi sebagai rest area atau titik peristirahatan bagi wisatawan. Pasalnya jalur trex untuk menjangkau danau di tengah pulau tersebut harus menaiki beberapa anak tangga. Selain kanopi tempat beristirahat, juga sudah dibangun fasilits toilet dan ruang ganti wisatawan. Di pintu utama juga ada loket yang dijaga petugas khusus dari masyarakat yang dipercaya sebagai pengelola.

kepala Disbudpar Berau, Rohaini mengatakan pembenahan sarana dan prasarana di Pulau Kakaban ini sudah menjadi program sejak tahun lalu. Secara bertahap infrastruktur pendukung ditingkatkan untuk kenyamanan wisatawan. Dalam penataan pihaknya juga tetap memperhatikan kondisi lingkungan yang ada, sehingga ekosistemnya tidak terganggu.
Keberadaan hutan mangrove tidak ada yang dirusak dalam penataan ini. Sehingga kealamian Pulau Kakaban tetap terjaga. "Kita lakukan pembenahan dengan memperbaiki jalur trex yang ada sehingga lebih nyaman.